Ide Model Ventilasi Rumah Minimalis Bikin Udara Sejuk

Ukurannya rumahnya yang mungil, tidak serta merta membuat pemilhan ventilasi rumah minimalis menjadi berbeda. Memang pada rumah-rumah yang ada di Indonesia sendiri, ventilasi memiliki model yang beragam.

Namun begitu, ventilasi rumah minimalis ternyata bisa berbentuk bermacam pula sama dengan ventilasi rumah-rumah pada umumnya. Mengapa ventilasi rumah minimalis perlu dipilih dengan seksama?

Bagaimana desain ventilasi yang baik untuk rumah minimalis? Cara apa yang harus dilakukan untuk menghalangi masuknya hewan ke dalam rumah melalui ventilasi? Mari temukan jawaban lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Selain ulasan yang komprehensif, kami pun akan memberikan Anda berbagai gambar ventilasi rumah minimalis sebagai inspirasi.

Sirkulasi Udara, Hal Penting Untuk Setiap Rumah

Pertukaran udara dari dalam ke luar dan sebaliknya merupakan hal yang penting. Sirkulasi udara yang terjadi terus-menerus tersebut baik untuk menjaga kondisi di dalam rumah.

Udara yang tadinya pengap dan sudah terkontaminasi dengan berbagai macam hal dikirim keluar lalu selanjutnya ditukar dengan udara yang lebih segar dari luar. Walau bentuknya kecil dan minimalis, kehadiran ventilasi di rumah memiliki manfaat yang sangat besar pada kesehatan Anda dan keluarga.

Selain menjaga kesehatan dan kesegaran orang-orang di dalam rumah, sirkulasi pun penting untuk menjauhkan rumah dari kondisi yang lembap. Supaya udara di dalam rumah terus bisa tersirkulasi, dibutuhkan lubang udara alias ventilasi pada tiap rumah, termasuk ventilasi rumah minimalis.

Bagaiman ya cara mengoptimalkan sirkulasi udara melalui ventilasi rumah minimalis secara alami? Berikut caranya:

  1. Memerhatikan arah orientasi bangunan sehingga udara bisa masuk dengan baik.
  2. Perbanyak bukaan berupa lubang angin, jendela, atau pun pintu.
  3. Mengatur letak bukaan pada sisi-sisi rumah dengan tepat.

Beberapa Model Ventilasi Rumah Minimalis

Contoh Ventilasi Udara Rumah
Contoh Ventilasi Udara Rumah

Berbagai model ventilasi sudah sangat umum dibuat pada rumah-rumah di Indonesia. Namun umumnya ventilasi rumah minimalis bentuk kotak yang ukurannya disesuaikan dengan kusen. Ventilasi kerap dibuat dalam ukuran kecil tapi cukup banyak jumlahnya. Hal ini supaya pada malam hari, udara bisa tetap masuk sehingga rumah pun terasa sejuk. Supaya rumah terhindar dari masuknya nyamuk, ventilasi tersebut kerap ditutupi dengan kawat kasa.

Sementara itu, pada rumah-rumah minimalis, ventilasi sudah mengalami banyak perkembangan fungsi serta desain. Model ventilasi rumah minimalis cenderung berdesain modern. Banyak dari ventilasi tersebut yang berbentuk kecil dan tipis. Letaknya ialah di antara bagian atas dinding dan plafon.

Hal lainnya, Bukan hanya memanfaatkan lubang ,bukan pada rumah-rumah minimalis yang kini banyak dikembangkan lebih sering menggunakan.. Pintu atau pun jendela besar sebagai ventilasi yang baik. Umumnya mereka menjadikan pintu serta jendela sebagai ventilasi pada siang hari yang panas. Di malam harinya ketika jendela dan pintu mulai ditutup, udara tersirkulasi melalui ventilasi yang terletak pada plafon.

Jenis Ventilasi Rumah Minimalis

Banyak macam ventilasi rumah minimalis yang bisa dijadikan pilihan. Seperti yang sudah dibahas, ventilasi itu sendiri bukan hanya berupa lubang angin pada bagian atas jendel namun termasuk pula pintu serta jendela. Lebih lengkapnya ada di bawah ini:

Boven

Boven Pintu
Boven Pintu

Ventilasi rumah minimalis berbentuk jendela, baik jendela biasa maupun jendela boven. Boven merupakan jenis ventilasi yang berada di atas kusen jendela atau pun pintu. Biasanya jeni ventilasi rumah minimalis ini letaknya bersatu dengan kusen. Namun ada juga boven yang diletakkan terpisah dan dihalangi oleh lapisan batu bata.

Ventilasi jendela boven sendiri memiliki desain yang bermacam. Ada yang memiliki bilah kaca ada pula yang menggunakan ram kayu. Kebanyak ventilasi rumah minimalis berbentuk boven di Indonesia sendiri lebih menggunakan kayu. Alasannya agar tidak ada orang yang bisa menerobos masuk melalui lubang boven.

Jalusi atau krepyak

Model Jalusi Rumah Minimalis
Model Jalusi Rumah Minimalis

Jalusi atau krepyak, ventilasi berbentuk bilah-bilah kayu yang terpasang permanen pada kusen. Celah-celah yang berada pada bilah-bilah inilah yang jadi celah sirkulasi udara tersebut.

Kaca Nako

Kaca Nako Untuk Sirkulasi Udara Di Rumah
contoh Kaca Nako Untuk Sirkulasi Udara Di Rumah

Kaca nako yaitu material jendela yang bentuknya bersegmen dan bisa dibuka/tutup dengan digerakkan. Sayangnya ventilasi rumah minimalis satu ini dianggap memiliki kelemahan yaitu tidak baik untuk keamanan rumah dan kurang ekonomis.

Loster

Roster Beton Angin Angin Rumah
Roster Beton Angin Angin Rumah

Loster yaitu lubang udara berukuran kecil yang bentuknya nampak seperti ornament dekorasi. Ventilasi rumah minimalis berbentuk loster sendiri terbuat dari banyak material.

Loster beton

Ventilasi Rumah Dengan Loster
Ventilasi Rumah Dengan Loster

Harga ventilasi rumah minimalis ini memiliki harga yang paling murah. Loster beton sendiri terbuat dari campuran semen, air, dan pasir. Seluruh campuran tersebut kemudian dibentuk dengan menggunakan metode press. Finishing loster ini biasanya hanya menggunakan cat dinding biasa.

Loster kayu

Loster Kayu Minimalis
Loster Kayu Minimalis

Biasanya finishing loster kayu bisa mempergunakan cat kayu, politur, atau melamin.

Loster keramik

Roster Keramik
Roster Keramik

Loster keramik cocok bagi rumah yang bergaya unik dan etnik. Jenis ventilasi rumah ini tidak perlu menggunakan finishing lagi.

Ventilasi Bantuan

Ventilasi bantuan berupa alat yang dapat membantu sirkulasi udara pada ruangan terjadi. Ruangan-ruangan yang pengap seperti kamar mandi dan dapur memerlukan jenis ventilasi rumah minimalis buatan.

Exhaust Fan

Exhaust Fan Kamar Mandi
Exhaust Fan Kamar Mandi

Untuk kamar mandi biasanya menggunakan model ventilasi berkipas /exhaust fan yang dipasang di atas plafon. Kamar mandi umumnya memiliki luas lahan yang kecil dan penempatan yang tidak strategis. Hal ini pun menyebabkan ruangan ini tidak terkena sinar matahari.

Maka itu maksimalkan desainnya agar tidak hanya udara yang dapat tersirkulasi tapi matahari pun bisa masuk ke dalamnya. Ventilasi ini sangat tepat digunakan untuk menghilangkan pengap di dalam kamar mandi, apalagi jika Anda tengah mandi dengan air panas.

Cooker Hood

Cooker Hood Dapur Minimalis
Cooker Hood Dapur Minimalis

Sementara itu untuk area dapur ventilasi rumah minimalis buatan biasanya ditambahkan pada area atas kompor. Ventilasi ini kerap disebut sebagai cooker hood atau penghisap asap. Dengan kehadiran cooker hood, asap hasil masakan dan dari kompor pun bisa terminimalisir.

Memasang Kisi-kisi Pada Ventilasi

Kawat Nyamuk Pada Ventilasi
Kawat Nyamuk Pada Ventilasi

Rumah-rumah di Indonesia sering kedatangan nyamuk yang menyebalkan. Supaya mereka tidak masuk ke dalam rumah melalui ventilasi rumah minimalis kecil Anda bisa memasangkan kisi-kisi berbentuk kawat pada ventilasi tersebut. Ini dia langkah-langkahnya.

1. Siapkan bahan dan alat

Membuat Kisi Kisi Kawat Nyamuk Dari Kayu

Pertama, siapkan bahan dan alat berikut ini:

  • Meteran
  • Kawat kisi-kisi khusus nyamuk. Materialnya bebas, baik itu bebahan aluminium, besi, atau pun plastik
  • Kayu ukuran kecil (2m×3 cm)
  • Paku kecil, paku khusus tripleks, dan paku payung secukupnya
  • Gergaji kayu dan gergaji besi
  • Gunting besi
  • Palu
  • Amplas
  • Kuas

2. Membuat bingkai kisi-kisi ventilasi rumah minimalis

Berikut langkah dan step by step-nya:

  1. Ukur besaran ventilasi rumah minimalis yang akan dipasangi jenis kawat yang telah Anda pilih dengan menggunakan meteran.
  2. Ukur dengan teliti, agar memudahkan Anda dalam menentukan ukuran bingkai ventilasi.
  3. Setelah mendapatkan ukurannya, kurangi ukuran sekitar 2-3 mm dari tiap bagian kayu. Hal ini dilakukan supaya nantinya frame yang dibuat dapat masuk dengan mudah ke dalam ventilasi.
  4. Siapkan kayu lalu potong menjadi empat bagian sesuai dengan panjang dan lebar masing-masing ventilasi.
  5. Setelah terpotong, buat bagian ujungnya menjadi berbentuk sudut 45 ̊ dengan menggunakan gergaji.
  6. Lakukan pemotongan arah sudut yang berlawanan pada masing-masing ujungnya.
  7. Amplas bagian ujung sudut tiap potongan kayu agar permukaannya lebih halus dan mudah dipasangkan.
  8. Pasang kayu-kayu tersebut sehingga membentuk frame dengan menggunakan paku kecil dan palu. Pastikan seluruh sambungan kuat dan kokoh agar tidak mudah rusak.
  9. Setelah seluruhnya terpasang, coba masukkan frame ke dalam bagian ventilasi rumah minimalis untuk mengepaskan ukurannya.
  10. Jika sudah pas, mari berlanjut ke tahap selanjutnya.

3. Memasang kawat kisi-kisi ventilasi rumah minimalis

  1. Buka gulungan kawat di atas bingkai yang telah Anda buat, rentangkan, lalu pasang dengan paku payung kecil pada salah satu bagiannya di atas bingkai.
  2. Tarik kawat sehingga menegang, lalu tancapkan lagi paku payun pada bagian Lakukan penancapan tersebut di bagian yang berseberangan dari paku pertama.
  3. Setelah itu tarik lagi kawat ke arah seberangnya agar kawat terpasang dengan rapat sehingga tidak celah bagi nyamuk untuk masuk ke dalamnya.
  4. Potong kawat nyamuk di seluruh sisinya dengan menggunakan gunting besi jika bahan kawat yang digunakan adalah besi atau aluminium.
  5. Pastikan seluruh bagian permukaan kawat terpasang dengan baik dan jangan sampai melewati lebar bingkai.

Setelah semua langkah selesai dilakukan, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah pemasangan frame anti nyamuk ke dalam ventilasi rumah minimalis. Seluruh proses pun selesai dilakukan. Karena ukuran lubang kawat yang relatif kecil dapat menyebabkannya mudah kotor.

Sedikit tips untuk Anda, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi Anda dengan menggunakan sikat halus. Caranya, Anda cukup melepaskan frame kawat tersebut dari ventilasi dan membersihkannya.

Semoga ulasan mengenai model ventilasi rumah minimalis di atas dapat berguna bagi Anda sekalian.