Inspirasi Desain Dapur Minimalis Ukuran 2×3 Paling Kece

Desain dapur minimalis ukuran 2×3 kerap tergambar pada denah-denah rumah minimalis berbagai tipe. Walau cukup kecil, ukuran dapur ini dianggap cukup untuk area memasak pada hunian mungil. Agar dapat mengefisiensikan lahan, tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Jika hal itu telah terpenuhi, proses meyiapkan makanan dan juga segala aktvitas di daerah tersebut pun jadi lebih nyaman dilakukan.

Selain itu, penataan dari desain dapur minimalis ukuran 2×3 ini pun memengaruhi semuanya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai desain favorit dari dapur ukuran mungil ini, Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Denah Dapur Minimalis Ukuran Mungil

Pada sebuah rumah mungil minimalis, dapur didesain dengan ukuran dan letak yang beragam tergantung pada tipe rumah minimalis yang dimiliki.

contoh denah Dapur Minimalis Mungil – @lenimizzle

Biasanya, area dapur ditempatkan di area paling belakang rumah. Kini ada pula rumah-rumah minimalis yang membuat area dapur tersebut berada di luar rumah, tepatnya di area teras belakang. Hal ini biasanya disebabkan oleh desain rumah minimalis standar yang dibangun oleh pengembang.

Area dapur ini pun kemudian dapat dimodifikasi sesuai keinginan pemilik rumah. Menambahkan beberapa kelengkapan dapur seperti meja counter, kitchen island, dan juga kabinet merupakan hal yang seringnya dilakukan.

Untuk ukuran sendiri dapur pada rumah minimalis dan mungil biasanya berukuran 1,5 x 2 meter, 1,75 x 2, 2 x 2 meter dan beberapa ukuran modifikasi lainnya. Namun ternyata desain dapur minimalis ukuran 2×3 cukup banyak dipilih dan dibuat.

Biasanya ukuran dapur ini sendiri dapat diaplikasikan pada rumah minimalis tipe 36, 45, dan 54. Jika tidak disatukan dengan area meja makan, biasanya area ini pun berada berdekatan dengan area cuci.

Membuat Desain Dapur Minimalis 2×3 Nyaman Digunakan

Sebuah ruangan yang sempit kerap membuat penghuninya menjadi tak nyaman. Hal ini pun berlaku pada desain dapur minimalis ukuran 2×3. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat akitvitas di dalamnya tetap nyaman dilakukan.

Poin pertama ialah mengefisiensikan desain dapur yang dibuat pada rumah minimalis. Caranya dapat ditempuh dengan cara:

Menggunakan peralatan dapur yang ukurannya sesuai

Dalam memaksimalkan fungsi dapur mungil untuk kegiatan sehari-hari, langkah pertama yang harus dilakukan ialah pemilihan peralatan serta perabot dapur yang sesuai. Jika dapur yang dimiliki berkonsep minimalis dengan ukuran kecil, tentu perabotan yang harus dipilih pun jangan terlalu besar.

Dapur Kecil Dan Ruang Makan Ukuran 2×3

Gunakan desain yang simpel dan dapat muat dengan baik pada dapur minimalis tersebut. Walau sedikit membosankan, namun hal ini dapat membantu memberikan kenyaman dalam beraktivitas.

Memiliki tempat penyimpanan yang cukup

Sebuah desain dapur minimalis ukuran 2×3 tergolong sebagai area yang tidak terlalu besar. Ruangan dengan ukuran sempit pun disebut rentan berantakan dan membuat tidak nyaman.

@rumahsriwedari

Oleh karena itu memiliki sejumlah tempat penyimpanan perkakas dapur membantu untuk membuat ruangan jadi rapi. Cara ini tergolong simpel dan tidak bikin ribet. Agar tidak lupa dalam menempatkan barang, sebaiknya buat tempat penyimpanan tersebut berdasarkan nama barang atau jenisnya. Ketika Anda harus menggunakannya, tidak perlu lagi deh mencari barang tersebut susah-susah.

Maksimalkan Area Vertikal

Dapur Mungil Dengan Kitchen Set Minimalis – @griya.mami

Walau area dapur cukup kecil dan tidak memungkinkan untuk ditambahkan area penyimpanan Anda dapat menyiasatinya dengan membuat tempat penyimpanan secara vertikal. Buatlah lemari kabinet atau kitchen set dengan desain menempal pada tembok. Gunakan hitungan tertentu agar tinggi lemari kabinet sesuai dengan tinggi badan para penghuni.

Desain juga kabinet tersebut memajang pada area dapur sehingga Area penyimpanan yang dibuat pun lebih maksimal. Barang-barang seperit peralatan masak hingga kebutuhan bahan memasak pun jadi lebih tertata.

Menggunakan warna dinding tertentu

@wellanovikaaditya

Memberikan ilusi luas pada desain dapur minimalis ukuran 2×3 yang mungil perlu dilakukan. Cara pertama adalah dengan menempatkan elemen kaca di beberapa sudut ruangan. Misalnya material penutup pada kabinet atau permukaan meja makan.

Selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan warna-warna cat tertentu pada dinding. Warna yang akan memberikan kesan ruangan luas ialah seperti putih, beige, dan warna muda lainnya. Warna putih pun dapat dituangkan pada lantai dengan menggunakan keramik. Selain tampak lega, ruangan area dapur mungil pun jadi lebih sejuk dan dingin karenanya.

Mengusung Konsep Minimalis Pada Dapur Mungil

Desain dapur minimalis ukuran 2×3 akan lebih terasa nyaman lagi jika penataannya menggunakan konsep minimalis. Konsep minimalis sendiri sering diartikan sebagai segala sesuatu yang simpel dan sederhana. Hal itu dapat diterapkan pada dapur mungil dengan:

  1. Efisiensi peletakan berbagai furnitur dan perlengkapan dapur, misalnya memanfaatkan berbagai sudut dapur yang biasanya tidak terpakai.
  2. Menggunakan desain perabot yang tidak terlalu bermacam-macam, cukup kotak saja. Hal ini dapat berpengaruh pada cara penempatan perabot dan juga pada luas lahan.
  3. Menghindari ornamen-ornamen dekorasi yang terlalu berlebihan, misalnya pajangan-pajangan meja dan dinding. Lebih baik menggunakan dekorasi efisien yang dapat memberikan dampak besar walau ukurannya kecil.

Tata Letak Penataan Desain Dapur Minimalis Ukuran 2×3

Denah Dapur Mungil

Desain dapur minimalis ukuran 2×3 dengan luas total 6 meter persegi akan lebih efisien jika ditata dengan penempatan elemen dapur yang pas. Ternyata hal ini bisa berpengaruh pada kegiatan memasak dan mempersiapkan makanan sehari-hari. Selain luas dapur yang lebih efisien digunakan, dapur pun jadi lebih rapi dan menarik dipandang.

Berikut ini ada empat pilihan penataan yang pas untuk sebuah desain dapur minimalis ukuran 2×3:

Layout Dapur Bentuk Lurus

Layout Dapur Lurus 2×3- @devvyherawati

Di tiap dapur setidaknya ada tiga fungsi pekerjaan yang dilakukan yaitu: Memasak, penyimpanan, dan juga persiapan pembuatan makanan. Ketiga hal ini kerap disebut sebagai segitiga kerja.
Namun begitu pada desain dapur minimalis ukuran 2×3, hal ini cukup sulit untuk diaplikasikan.

Hal ini disebabkan ukurannya yang kecil, apalagi jika disatukan dengan area makan. Oleh karena itu banyak orang yang mendesain dapur dengan penataan one wall atau satu dinding lurus. Ketiga fungsi kerja tersebut dapat dilakukan di satu area lurus. Itu sebabnya, pembuatan counter pun tidak terlalu ribet hanya berbentuk lurus saja.

Layout Dapur Bentuk L

Layout Dapur Bentuk L Sempit 2×3 – @yuliaulva

Anda mungkin kerap melihat, selain konsep penataan dapur satu dinding bentuk huruf “L” pun sering digunakan.Dengan bentuk meja yang lebih luas, Anda pun lebih leluasa dalam menyiapkan makanan. Tempat penyimpanan yang tersedia pun lebih banyak ditambah lagi dengan kabinet.

Desain dapur huruf L ini sendiri biasanya diterapkan menjadi setengah bagian untuk dijadikan meja counter dan setengah lagi sebagai tempat kompor dan sink.

Layout Dapur Bentuk U

Penataan Dapur Bentuk U Minimalis 2×3

Penataan ruangan dapur berbentuk huruf U dinilai efisien untuk aktivitas memasak. Pada dasarnya dapur berbentuk U merupakan desain lorong yang ditambahkan penutup di salah satu bagian ujungnya.

Desain ini sangatlah baik untuk mencegah banyak orang hilir-mudik melewati dapur. Ini akan baik diaplikasikan untuk desain dapur minimalis ukuran 2×3 yang berada di ujung ruangan rumah.

Pentingnya Ventilasi Pada Desain Dapur Ukuran 2×3

Desain dapur minimalis ukuran 2×3 akan semakin sumpek apabila tidak memiliki lubang udara. Bau masakan pun bisa menyebar ke penjuru rumah jika ventilasi ini tidak dimiliki.

Jenis ventilasi yang dapat ditempatkan di area dapur sendiri bentuknya bermacam, bisa berupa: Jendela, pintu, kipas penghisap, hingga cooker hood.

Ventilasi Jendela Dapur Sempit – @akarumah

Mengapa ventilasi dapur ini begitu penting? Sebab aktivitas memasak melibatkan panas api dari kompor atau pun oven. Suhu di ruangan dapur dan sekitarnya pun bisa ikut-ikutan meningkat sehingga membuat tak nyaman. Adaya ventilasi pada desain dapur ukuran 2×3 kemudian membantu pertukaran udara jadi lancar.

Selain udara yang tak nyaman dan pengap perpaduan hawa panas, uap air, serta uap dari minyak yang berkumpul dan tak tersalurkan ke luar dapat membuat perabotan di sekitar dapur berubah warna bahkan rusak dalam waktu cepat. Ventilasi pada dapur kecil pun dapat membantu teralirkannya cahaya dari luar ke dalam.

Mengenal Cooker Hood, Penghisap Uap

Cook hood atau cooker hood merupakan sebuah alat penghisap uap dan panas dari dapur ke luar. Penggunaan alat semacam ini akan lebih memaksimalkan sirkulasi udara terutama di area sempit seperti pada desain dapur ukuran 2×3 di rumah minimalis.

@gondanghouse_

Penempatan cook hood ini ialah tepat berada di atas kompor tempat memasak. Ukuran tingginya ialah sekitar 60-80 sentimeter dari permukaan kompor. Ada semacam corong khusus yang bermuara ke luar rumah.

Ada dua macam cook hood yang biasa digunakan, yaitu:

  1. Slim hood yang cocok untuk digunakan pada dapur mungil seperti desain dapur minimalis ukuran 2×3
  2. Built-in hood yang ukurannya cukup besar dan cocok untuk dapur besar.

Semoga ulasan mengenai desain dapur minimalis ukuran 2×3 kali ini dapat berguna bagi Anda sekalian ya!

Simak terus ulasan lainnya!